Iklan

Iklan feed

,

Iklan

 



Brand kopi kenangan ternyata sudah 800 gerai lebih, di isukan menggeser pasar Starbucks Indonesia , ini Strategi Marketingnya !

Naratawa
Minggu, 28 September 2025, September 28, 2025 WIB Last Updated 2025-09-28T11:59:16Z
Gambar : indibiz

Naratawa.id - Kopi Kenangan telah menjelma menjadi salah satu merek minuman kopi paling sukses dan terkenal di Indonesia. Berdiri dengan konsep grab-and-go, brand ini berhasil menarik perhatian pasar lokal maupun internasional.

Di bawah naungan PT Bumi Berkah Boga, berdagang dengan nama Kopi Kenangan, adalah perusahaan asal Indonesia yang bergerak di bidang kopi. Didirikan pada tahun 2017, perusahaan ini terkenal karena mempopulerkan bisnis kopi susu gula aren di Indonesia yang berkantor pusat di jakarta.

Siapa sangka brand kopi satu ini per tahun 2025, jumlah gerainya telah mencapai lebih dari 860 cabang yang tersebar di 64 kota, termasuk luar negeri, bahkan menurut rumor yang ada kopi kenangan salah satu brand kopi yang menggeser kopi starbuck di indonesia .

Melihat dari kabar media yang beredar kopi kenangan mulai ekspansi membuka gerai di luar negeri pada april 2025 di india (New Delhi) dan Australi (Sydney) 



Sejarah Nama Kopi Kenangan


Sebuah nama, begitu penting apalagi untuk sebuah produk. Pemberian nama Kopi Kenangan membutuhkan waktu brainstorming yang lama hingga berbulan-bulan.

Para pendirinya ingin tampil beda dan memiliki makna bagi para pengunjung, bahkan agar produk Kopi Kenangan tak mudah dilupakan.

Lantas nama Kenangan terpilih dengan pertimbangan ketika meminum kopi, dimana banyak kenangan manis yang tiba-tiba datang. 

Selain itu pemberian nama ini juga wujud dari harapan agar pengunjung selalu mengenang kopi kenangan dan datang ke gerai lagi.



Strategi Marketing Kopi Kenangan setidak nya ada 5 yang sempat naratawa amati .


1. Menghadirkan Nama Brand yang Ear-Catching

Banyak brand kopi lokal kekinian yang memilih menggunakan bahasa asing dibandingkan bahasa Indonesia. Meskipun sebagian terdengar bagus, tetapi terkadang nama tersebut malah susah diingat.

Alhasil, nama “Kopi Kenangan” pun akan lebih ingat di benak konsumen karena menggunakan istilah yang sudah sering terdengar.

2. Aktif Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu media promosi digital yang tidak boleh terlewatkan karena ada banyak sekali opportunity untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Nah, hal inilah yang juga dimanfaatkan oleh Kopi Kenangan. Strategi pemasaran Kopi Kenangan selanjutnya adalah aktif membuat konten-konten promosi yang menarik di berbagai media sosial, seperti Instagram dan TikTok.



3. Terus Berkolaborasi dengan Influencer Ternama

Bekerja sama dengan influencer juga merupakan strategi pemasaran yang banyak dilakukan brand agar bisnisnya bisa lebih visible dan dijangkau ribuan orang.

Hingga kini, Kopi Kenangan sudah berkolaborasi dengan berbagai influencer ternama, mulai dari Isyana, Nicholas Saputra, Horman Paris, hingga BTS

4. Menawarkan Harga yang Terjangkau

Salah satu faktor yang membuat Kopi Kenangan disukai pelanggan adalah harganya yang relatif terjangkau bagi banyak orang. Sebab, Kopi Kenangan sendiri membidik kalangan menengah sebagai target konsumen mereka.

Namun, meskipun dipatok dengan harga yang murah, Kopi Kenangan tetap mengunggulkan

5. Terus Berinovasi

Tak hanya menghadirkan produk minuman berupa kopi, Kopi Kenangan juga menawarkan makanan yang cocok disajikan bersama kopi, yaitu roti dan ayam goreng. 

Berkenaan dengan ini, mereka meluncurkan brand yang bernama Cerita Roti dan dan Chigo.

Namun, tak cukup sampai di situ, Kopi Kenangan juga meluncurkan produk kopi dengan kemasan botol yang dijual di supermarket atau minimarket terdekat.


Iklan ads